Langsung ke konten utama

Penjelasan Mengenai Strategi Pemasaran 4P (Product atau Produk, Price atau Harga, Place atau Tempat dan Promotion atau Promosi





Perlu dilakukan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan pemasaran produk. Salah satu startegi pemasaran yang bisa digunakan adalah 4P, yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi).

1. Product (Produk)

Beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk adalah :
(i) kualitas yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen,
(ii) kuantitas yang sanggup memenuhi kebutuhan pasar,
(iii) penciptaan produk baru yang inovatif sesuai keinginan konsumen,
(iv) penciptaan nilai tambah pada produk,
(v) penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan cuma booming sesaat).

Pengembangan produk makanan awetan dari bahan hewani yang telah diperkenalkan adalah untuk menjawab beberapa hal tersebut di atas. Perbaikan kualitas produk yang mempunyai daya simpan lebih lama, serta kemasannya yang lebih baik diharapkan dapat menjadikan produk yang lebih cocok untuk oleh-oleh.

2. Price (Harga)

Pada penetapan harga produk, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan diantaranya, yaitu (i) mempertimbangkan harga pokok produksi,
(ii) menyesuaikan harga produk dengan pasar yang kita bidik,
(iii) melakukan perbandingan harga dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.
Pada produk makanan awetan penetapan harga didasarkan pada harga pokok produksi dan harga produk pesaing.

3. Place (tempat)

Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk, bisa dilakukan sebagai berikut:
(i) lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen,
(ii) lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen
(iii) lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga, suasana belanja dan bertamasya, konsep “one stop shopping”.

4. Promotion (Promosi)

Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu
meningkatkan penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog dan/ atau website. Juga bisa dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi di lingkungan sekitar.







Sumber Buku Cetak Prakarya dan Kewirausahaan/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- . Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.

Untuk SMA/MA/SMK/MAK Kelas X Semester II

Penulis : Hendriana Werdhaningsih, Alberta Haryudanti, Rinrin Jamrianti dan Desta Wirmas.

Penelaah : Rozmita Dewi, Wahyu Prihatini, Caecilia Tridjata, Latif Sahubawa, Djoko Adi Widodo, Suci Rahayu, Danik Diani Asadayani, Cahyana Yuni Asmara.

Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.



Apa|Bagaimana|Dimana|
|Kapan|Mengapa|Siapa